Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA - MEDIA WANITA

Rabu, 09 Maret 2011

CARA MERAWAT BUKU

Lega rasanya hati ini ketika aku menemukan cara merawat buku cerita cinta sejati tentang aku dan dia. Sebuah buku dengan alur cerita cinta yang nyaris sama seperti kisah cintaku dan dia. Apa judul buku itu??? ehehee... Ada deh...! wkwkwkkwkkk

Kita terusin aja yah bagaimana
sesungguhnya cara merawat buku. Ntar keburu rusak lho bukunya...!? Kan sayang banget yah!? Apalagi jika buku yang bukan sembarang buku...ahayyy...

1. Simpan buku dalam ruang bertemperatur antara 23-25 derajat celsius sehingga terhindar dari jamur. Suhu yang lembap dapat mengakibatkan kerusakan pada buku akibat gangguan rayap, jamur, kecoak, kutu busuk, tikus dan serangga.

2. Ruang penyimpanan buku harus tetap terang selama 24 jam agar kecoak dan binatang perusak buku lainnya tidak berkeliaran menuju rak buku. Diruangan gelap binatang mudah sekali menuju rak buku dan membuat sarang.

3. Bila ruangan anda ber - AC, pendingin ini harus tetap menyala. AC yang setengah-setengah dapat merusak buku akibat perubahan suhu.

4. Jika ruangan tidak ber - AC sebaiknya sirkulasi udaranya cukup baik sehingga tidak terlalu lembab atau panas. Kalau sirkulasi udara dalam ruangan terbuka, sebaiknya ditutup dengan kawat halus untuk menghindari debu masuk.

5. Menyimpan buku juga tidak boleh dalam ruangan yang terlalu panas. Sinar matahari membuat huruf-huruf pada buku cepat memudar dan membuat kertyas kekuning-kuningan, akhirnya keropos dan mudah sobek.

6. Buku sebaiknya disusun sesuai subjek dan disimpan dalam lemari atau rak buku tertutup. Kalau disimpan dalam rak terbuka, selain mudah hilang juga riskan terhadap gangguan binatang perusak buku maupun percikan makanan atau minuman, juga debu yang beterbangan.

7. Sebaiknya bersihkan dulu tempat penyimpanan, dan bukunya sebelum disimpan dalam lemari atau rak buku.

8. Agar lemari atau rak buku menjadi wangi dan segar, dan tidak didatangi binatang perusak diberi kamper atau kapur barus disetiap sudut sebelum dimasukkan. 3 bulan sekali sebelum kamper atau kapur barus habis diganti dengan yang baru.

9. Secara periodik tempat menyimpan buku harus diperiksa tiga bulan sekali sehingga dapat diketahui keadaannya. Bila ditemukan binatang perusak segera dibasmi.

10. Cara merawat buku dengan membersihkan debu memakai kemoceng, sangat tidak baik. Karena Sapuan kemoceng akan menerbangkan debu-debu dan menempel pada buku lainnya. Cara yang benar bersihkan dengan kain bersih dan kering.

Simak info yang tak kalah penting di bawah ini :
- Gaya Hidup Hemat
- Cara Mengatasi Stress
- Masakan Jepang Resep Tamagoki Teriyaki

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar