Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA - MEDIA WANITA

Minggu, 27 Februari 2011

MACAM-MACAM GANGGUAN TIDUR

Macam-macam Gangguan Tidur > Inilah fakta sebenarnya yang menjadi gangguan tidur kita selama ini, yang perlu kita ketahui lebih jauh :

NARKOLEPSI
Adalah serangan tidur. Maksudnya adalah penderita sulit mempertahankan keadaan sadar, karena hampir sepanjangan waktu mengantuk. Sebaliknya di malam hari ia mengeluh tidak dapat tidur.
Ada empat gejala klasik nya yaitu;
1. Excessesive Daytime Sleepiness (EDS) yaitu rasa mengantuk yang berlebihan di malam hari.

2. Katapleksi yaitu melemasnya otot secara mendadak yang dipicu oleh lonjakan emosi. Biasanya emosi positif. Biasanya setelah tertawa terbahak-bahak, penderita terjatuh lemas dan tertidur.
3. Sleep Paralysis adalah keadaan lumpuh saat penderita tidak dapat menggerakkan tubuhnya sama sekali. Biasanya ini terjadi di saat peralihan dari sadar ke tidur.
4. Hypnagogic/Hypnopompic Hallucination, umumnya penderita seperti melihat orang lain dalam ruangan. Padahal yang terjadi adalah kesadaran mimpi yang menerobos ke kesadaran terjaga.

RESTLESS LEGS SYNDROME (RLS)
Gejalanya adalah EDS. Ini merupaka gangguan rasa tidak nyaman pada kaki saat duduk atau saat berbaring diam untuk beberapa lama. Gangguan saraf ini menyulitkan penderita untuk tidur. Saat tidur pun kaki akan bergerak-gerak secara periodik tanpa disadari, sehingga membuat proses tidur menjadi terpotong-potong.

OBSTRUCTIVE SLEEP APNEA (OSA)
Gangguan henti nafas saat tidur ini disebabkan oleh menyempitnya saluran pernafasan atas. Akibatnya, aliran darah akan berhenti mengakibatkan menurunnya kadar O2, dan meningkatnya kadar CO2 dalam darah. Bila kadar CO2 terlalu banyak, sensor dalam tubuh akan membangunkan otak untuk bernafas. Saat inilah penderita akan mengeluarkan suara khas seperti tercekik yang diikuti suara mendengkur. Karena itu gejala yang terlihat berupa mendengkur dan EDS. Namun, perlu diingat, tidak semua orang yang mendengkur menderita OSA. Ini karena di negara Barat, mendengkur identik dengan kegemukan. Sedangkan di Indonesia orang gemuk atau kurus, sama-sama punya kebiasaan mendengkur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar