Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA - MEDIA WANITA

Kamis, 03 Maret 2011

GAYA HIDUP HEMAT

Di pagi yang mendung ini mendapat pelajaran berharga bagaimana cara ber - gaya hidup hemat itu yang sebenarnya. Dari dulu sekali, orang tuaku sudah menanamkan pengertian akan pentingnya hidup hemat dari sejak dini. Namun, sifat boros yang sudah aku miliki membuat semuanya itu begitu menyiksa. Saya suka - saya beli... Yang penting happy!


Tapi kini saatnya, dan semoga saja belum terlambat bagi diriku untuk memulai gaya hidup hemat demi masa depan yang lebih baik. Pelajaran berharga seperti apa yang sudah aku dapatkan di pagi ini?

- Tampil keren meski dengan setengah harga; Gantilah perlengkapan penampilan impor anda dengan produk lokal. Anda pasti bisa mendapatkan produk lokal yang berkualitas baik dengan harga miring. Perhatikan reaksi orang-orang terdekat. Bila mereka tidak melihat perubahan pada penampilan anda, berarti anda tetep keren, meski memakai produk separuh harga.

- Minum kopi tidak harus di cafe; Anda bisa koq membuat kopi yang nikmat dengan kreativitas sendiri. Menambah krim, kayu manis atau bahkan es krim akan menyebabkan kopi buatan anda seenak kopi di cafe. Siapkan termos untuk kopi panas atau dingin bila anda terbiasa meminum kopi. Lihat bagaimana hasilnya? Kopi yang enak dan murah.

- Kartu kredit bukan sumber dana tambahan; Kartu kredit hanyalah alat untuk mempermudah proses pembayaran. Bukan sebagai sumber dana tambahan. Memang masih banyak orang yang khilaf berbelanja dengan kartu kredit walau sebenarnya tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli secara kontan. Bayarlah kartu kredit sepenuhnya saat jatuh tempo untuk menghindari beban bunga yang sangat tinggi maupun denda keterlambatan.

- Berburu barang murah; Pasang mata dan telinga untuk mendapatkan info terbaru tentang diskon di berbagai departement store, mal atau butik-butik ternama. Anda juga bisa datang ke factory outlet yang menjual sisa ekspor dengan harga yang terjangkau.

- Hemat pulsa; Gunakan kartu isi ulang prabayar agar anda bisa mengendalikan tagihan. Hemat pulsa dengan menggunakan ponsel hanya dalam keadaan terpaksa saja. Jika ingin mengontak teman gunakan e-mail atau menghubungi teman melalui telepon rumah atau telepon kantor dengan menggunakan telepon biasa.

- Hemat anggaran dengan hemat energi; Gunakan bohlam hemat listrik dan gunakan timer untuk mematikan AC saat anda tertidur. Matikan TV jika tidak ditonton atau tape yang tidak didengarkan. Bandingkan tagihan listrik anda dibandingkan tagihan listrik bulan sebelumnya.

- Liburan; Berhematlah jika anda berencana ingin liburan. Anda bisa berburu paket liburan murah melalui web perjalanan di internet atau paket perjalanan murah dari travel agent langganan. Pada saat low season, harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan peak season.

Hmmm, bisa gak yah aku punya gaya hidup hemat seperti itu? :(

3 komentar:

  1. mantap artikel nya ...
    teruskan dan lanjutkan ........

    BalasHapus
  2. jimat cermat
    amalan mulia

    BalasHapus
  3. Tips hemat yang menarik...walaupun terkadang boros itu bawaan lahir. Penyembuh utamanya adalah "miskin"...sekalian biar gak bisa ngapa2in...hehe. Nice share!

    BalasHapus