Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA - MEDIA WANITA

Selasa, 14 Desember 2010

BELANJA ONLINE MURAH

BELANJA BAJU ONLINE | BELANJA SEPATU ONLINE | BELANJA TAS ONLINE

Belanja Online Murah! Siapa yang tidak akan berminat ketika membaca pernyataan seperti itu? Sebelum melakukan belanja online, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana tipsnya.

Berbelanja secara online, sudah menjadi bagian dari gaya hidup wanita. Namun tidak sedikit pula kamu pria yang juga kecanduan membeli barang-barang secara online. Di internet segalanya bisa kita dapatkan dengan mudah. Apakah kita ingin membeli baju, sepatu, tas, dompet, jam tangan, parfum, HP, laptop, Televisi, dan masih banyak lagi yang bisa kita beli via internet. Sistem pembayarannya juga sangat beragam. Umumnya pembayaran dilakukan dengan cara mentransfer uang terlebih dahulu sebelum penjual online mengirimkan barang yang ingin Anda beli.

Jika segalanya berjalan lancar, tentu perasaan puas akan Anda rasakan dan besar kemungkinan Anda pun akan ketagihan untuk
berbelanja lagi dan lagi. Akan tetapi bagaimana jika terjadi sebaliknya? Anda merasa tertipu oleh pihak penjual online. Bisa saja barang yang Anda terima dalam keadaan rusak atau cacat, atau bisa saja barang yang telah Anda beli tidak sampai di tangan Anda. Hal ini tentu saja sangat mengecewakan dan bisa membuat Anda marah, bukan!?

Sebelum itu terjadi pada Anda, ada baiknya Anda mempelajari tips berbelanja secara online berikut ini :
Catat no.HP dan Email serta informasi profil penjual seperti Facebook, Twitter, Plurk atau akun jalinan pertemanan lainnya.

Cari profile penjual di internet, dengan cara mengetik nomor hp, nomor rekening atau alamat email yang di gunakan.

Mintalah informasi yang jelas mengenai produk atau barang yang dijual.

Jika penjual berada di luar kota Anda, sebaiknya anda minta verifikasi data-data identitas seperti KTP penjual jika perlu. Hal ini dimaksudkan untuk menguji bahwa penjual tidak melakukan penipuan [bisa juga di cocokkan dengan no rekening si penjual]. Apabila si penjual adalah perusahaan, sebaiknya Anda meminta konfirmasi data perusahaan terutama SIUP dan NPWP mereka.

Untuk barang second hand, yang dijual oleh perorangan, minta bantuan orang di kota si penjual yang bisa anda percayai, baik keluarga, teman dan kolega untuk verifikasi barang tersebut cocok seperti apa yang ditawarkan kepada anda, baik kelengkapan maupun kondisi barang tesebut. Jangan melakukan transaksi apapun sebelum ada konfirmasi dari representasi Anda bahwa barang tersebut memang cocok menurut anda.

Jika si penjual meminta uang muka agar di transfer melalui rekening banknya, sebelum mengirim uang mohon terlebih dahulu untuk meminta scan KTP dan No rekening penjual.

Bila semuanya sudah beres, lakukan transfer uang melalui bank-bank ternama atau melalui orang yang anda percayakan di kota tersebut.

Jika penjual mengumbar janji-janji muluk, jangan mudah terpancing. Mintalah garansi atau nota.

Jika kemudian bertemu langsung, untuk barang elektronik periksa secara mendetil barang tersebut, tanya kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi.

Jangan langsung transfer uang, usahakan untuk tidak membeli jika penjual dirasa kurang meyakinkan.

Baca baik-baik kebijakan situs belanja online terhadap data pribadi anda. Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs itu boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

Pertimbangkanlah cara pembayaran. Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan [bukti transfer disimpan sampai barang benar-benar sudah Anda terima].

Simpan bukti transaksi. Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, salinan e-mail antara Anda dengan penjual.

Dasar transaksi Online adalah Kepercayaan antara pembeli dan penjual, jika penjual sudah membuka akses seluas-luasnya untuk mengetahui profil penjual [scan KTP/Buku rekening] dan bukti lain jika diminta oleh pembeli, Anda bisa menentukan keseriusan si penjual untuk melayani pembeli, dan selalu baca ketentuan yang diberikan oleh si penjual seperti FAQ, yang sering di ajukan oleh pembeli.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar