Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA - MEDIA WANITA

Minggu, 27 Maret 2011

CARA MERAWAT HAMSTER YANG BAIK

Cara Merawat Hamster yang Baik > Cara memelihara hamster yang baik dan benar bagaimana ya?
Hamster adalah hewan peliharaan menggemaskan yang dapat dengan mudah dijinakkan, tapi ada juga yang susah untuk dijinakkan
.

CARA MEMELIHARA HAMSTER
Untuk memelihara hamster,langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyediakan kandang yang tepat. Karena hamster dari keluarga spesies hewan pengerat, mereka memiliki kebiasaan membuat liang (lubang) di dalam tanah. Ini juga berarti bahwa hamster merupakan hewan yang selalu berusaha unutk kabur. Oleh karena itu, anda memerlukan sebuah kandang kuat dan memberikan ruang yang cukup untuk hamster sehingga dapat mencegah hamster tersebut melarikan diri. Rata-rata, hamster memerlukan minimal 50 sentimeter persegi ruang untuk bergerak di samping piring makanan, botol air, roda hamster, kotak bersarang dan tempat tidur nyaman.

Anda bahkan dapat membuat kotak sarang sendiri menggunakan serbuk gergaji, kain serta robekan kertas. Anda harus memastikan untuk mengisi air dan makanan secara teratur agar hewan peliharaan anda tidak lapar. Roda untuk Hamster juga penting untuk hewan peliharaan anda karena mereka perlu latihan yang banyak. Anda dapat membeli roda plastik yang dijual secara komersial di website jual beli. Hamster cenderung untuk mengigit dan menggali.

Oleh karena itu, menyediakan serbuk pasir (pasir zeolit) untuk menghibur dia. Ambil mangkuk yang agak besar dan masukkan pasir kedalamnya maka bulu-bulu hamster akan terlihat sangat bagus. Jika hamster peliharaan anda hiperaktif, maka roda hamster dan mandi pasir saja tidak cukup. Anda perlu juga menyediakan beberapa mainan tambahan untuk menghiburnya seperti potongan-potongan tali kecil dan terowongan dari kayu atau pipa.

Biarkan keluar hamster anda keluar dari kandangnya setiap hari sehingga ia bisa leluasa bergerak. Tapi anda perlu untuk selalu mengawasi dia ketika dia keluar dari kandangnya. Dan untuk hamster kerdil (dwarf) yang dapat berlari dengan cepat sangat tidak disarankan untuk melepasnya dari kandang.

Gimana? Sudah siap dan sudah faham tentang cara merawat hamster yang baik? ;-)

Sumber : jakartahamster.com

8 komentar:

  1. Wah informasinya menarik nik,,,terimakasi ya buat infonya, mudah-mudahan bermanfaat buat saya yang akan memulai merawat hamster

    BalasHapus
  2. terimakasih atas tipsnya

    BalasHapus
  3. hamster saya uda lama tidak mau melahirkan ni..

    BalasHapus
  4. terimakasih..salam kenal

    BalasHapus
  5. mau nanya nih, saya punya hamster jenis WW 2, yg betina lumayan lincah, tpi yg jantan kok diem + tidur mulu? itu gpp? mhon pnjelasanya :)

    BalasHapus
  6. mau tanya,aku kan tinggalnya di tempat yang gaada petshop nya nih,jadi kalo mau beli makanan hamster tunggu ke kota...
    boleh nggak hamster dikasih makanan kacang2 sama kuaci?
    soalnya kalo mau beli makanannya jauh banget....
    tolong bantu ya..
    tx

    BalasHapus